RULES:

Ada beberapa ketentuan/prosedural sebelum konsultasi untuk mempermudah dalam respon maupun jawaban dari permasalahannya. Ketentuan yang berlakupun bisa bersifat mutlak, artinya memungkinkan untuk mewajibkan atau sebuah keharusan yang harus dilakukan. Untuk lebih jelas dan tenggang sama rasa rules ini dibuat untuk tidak terjadi kesalahpahaman:

Salam awal sebelum memulai kontak

Saya tidak pernah membalas SMS/Whatsapp/BBM dengan kata "Selamat siang pak", "Ass , dengan mas irfan?", "Apa benar ini mas irfan", "Apa ini jasa pelet?".
Sebuah perkenalan di awal mencerminkan kepribadian. Dan bahkan ada beberapa pertanyaan yang seharusnya tidak perlu ditanya. Kalau saya bukan dengan irfan, lalu dengan siapa? Minimal sebuah perkenalan dan salam sopan (mencerminkan kepribadian yang saling menghargai orang lain).

Respon jawaban/balasan

Saya tidak pernah dengan sengaja tidak membalas SMS/Whatsapp/BBM selama saya berkenan untuk balas. Jika saya tidak balas kontaknya itu artinya saya bersedia untuk dibalas. Hindari balasan singkat singkat (minimal 15 karakter) karena saya menilai iseng ataupun main - main. Dan mengenai lama waktu responnya tergantung biasanya tertulis di notice/PM/status jika slow respon untuk SMS Insya Allah saya bakal fast respon (selama saya berkenan). Menceritakan permasalahan deskripnya untuk mempermudah di saya untuk merespon.

Hal sebelum dilakukan sebelum konsultasi

Saya tidak pernah memaksakan segala sesuatunya tapi diharapkan sebelum kontak pahami rules ketentuan maupun FAQ. Jika serasa ada yang kurang dimengerti ngga usah sungkan untuk bertanya (kembali ke rules sebelumnya). Dan seandainya saya tidak membalas dalam waktu lama itu artinya saya tidak berkenan untuk balas (dalam hal ini relatif)

Memulai konsultasi dan penyelesaian solusi

Sebelum dimulai/dilaksanakan diharapkan di pikir baik-baik dulu. Kalau misalkan belum yakin/masih ragu jangan dulu saja. Mengenai beberapa permasalahan itu kontekstual. Hal pertama yang perlu dilakukan melihat kemungkinan berhasilnya dulu karena tidak semua permasalahan bisa saya bantu. Dan yang perlu digaris bawahi, kalau ada kemungkinan gagal saya akan bilang di awal kalau saya ngga bisa bantu.

Diharapkan dengan adanya rules ini memahami tatacara nya segala sesuatu itu ada aturan dengan maksud supaya lebih rapi. Dan jika ada yang perlu ditanyakan silahkan kontak saja. Saya friendly, tapi jangan terlalu menganggap friend. Saling menghargai kunci utama, kepercayaan itu kunci mati, dan saling mempercayai ialah kunci dalam menyelesaikan semua permasalahan.

Sincerelly

M. Irfan
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
 
Top